Apa Saja Keterampilan yang Harus Dimiliki di Abad ke-21

Halo, Sobat SMP! Zaman terus mengalami perkembangan yang dinamis. Dalam dinamikanya, kita harus bisa beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah keterampilan yang dimiliki pun harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan di masa kini.

Berbicara mengenai keterampilan, World Economic Forum (2015) melakukan penelitian meta-analisis tentang keterampilan abad ke-21 di pendidikan dasar dan menengah. Keterampilan abad ke-21 terdiri dari 16 keterampilan dengan tiga kategori, yaitu literasi dasar, kompetensi, dan kualitas karakter. Seperti apa penjelasannya? Yuk simak artikel ini!

  • Literasi dasar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Literasi dasar menjelaskan mengenai bagaimana siswa menerapkan keterampilan inti untuk tugas sehari-hari. Keterampilan ini berfungsi sebagai dasar yang dibutuhkan siswa untuk membangun kompetensi dan kualitas karakter yang lebih maju.

Ada enam literasi dasar yang kiranya perlu dipahami. Keenam literasi tersebut ialah literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi saintifik, literasi teknologi informasi komunikasi (TIK), literasi keuangan, serta literasi budaya dan kewarganegaraan.

  • Kompetensi

Kompetensi menggambarkan bagaimana siswa mendekati tantangan yang kompleks. Di abad ke-21 ada beberapa kompetensi yang harus bisa dikuasai oleh kita. Peserta didik perlu menguasai ini sejak usia belia.

Ada empat kompetensi yang kiranya dapat dilatih oleh peserta didik. Keempat kompetensi itu adalah keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreativitas, keterampilan berkomunikasi, serta keterampilan berkolaborasi. Pendidik bisa mengasah keterampilan-keterampilan tersebut kepada peserta didik melalui pembelajaran yang menyenangkan.

  • Kualitas karakter

Selain kemampuan literasi dan kompetensi, SDM kita juga perlu memiliki karakter yang kuat dalam menghadapi dunia kerja di abad ke-21 ini. Kualitas karakter menggambarkan bagaimana peserta didik bisa mendekati lingkungan mereka yang berubah.

Karakter dibagi ke dalam enam keterampilan, yakni keterampilan rasa ingin tahu, keterampilan inisiatif, keterampilan ketekunan, keterampilan beradaptasi, keterampilan kepemimpinan, serta keterampilan kesadaran sosial dan budaya.

Yap, itulah tadi beberapa keterampilan yang perlu dimiliki oleh kita guna menghadapi dunia kerja di abad ke-21 ini. Ini merupakan tugas bersama untuk bisa mendidik anak-anak kita yang kelak akan menjadi pemimpin di masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Humas SMPN 32 | 2023-01-22| Dibaca : 297
KONTAK

Telepon : 021 82692731

Email : smpn_32_bekasi@yahoo.co.id

Alamat : Jl. Taman Kusuma Perum. Wisma Jaya. Kel Aren Jaya – Kota Bekasi, Jawa Barat 17111

MAP Sekolah


Website ini dikelola oleh CLIMBERNET
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot